Penerapan Cerita Alkitab Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Pelajaran Agama Kristen
Abstract
Cerita Alkitab adalah media pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan pesan moral tetapi juga mampu meningkatkan motivasi belajar dan membangun sikap positif siswa terhadap Pendidikan Agama Kristen (PAK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi penerapan cerita Alkitab dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 hingga 6 di sebuah SD Inpres Masyeta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cerita Alkitab secara terstruktur dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta motivasi, memperdalam pemahaman spiritual, serta membentuk karakter kristiani. Artikel ini juga membahas pentingnya pelatihan guru dalam menggunakan cerita Alkitab sebagai bagian integral dari kurikulum PAK
References
Darmawan, A. 2021. Cerita Alkitab sebagai Media Pembelajaran. Bandung: Alkitabia Press.
Rahmawati, T. 2022. Motivasi dalam Pendidikan Agama. Yogyakarta: Andi.
Santosa, E. 2019. "Integrasi Nilai Kristen melalui Cerita." Jurnal Teologi Kontekstual, 10(3), 120-135.
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmawan, Muhammad Luki, Abdul Khohar, and Farida Hariyati. “Makna Kehilangan Seorang Bapak Dalam Film Pendek ‘ TENANG .’” Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8, no. 2 (2024): 340–54.
Giardinni, Gincya Azifqi, Irda Tri Fauziah, Dewi Rahmawati Gustini, Jl Lengkong Besar, and Jawa Barat Abstract. “Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran Di Laut Indonesia Berdasarkan UNCLOS 1982.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 18 (2023): 303–15. https://doi.org/10.5281/zenodo.8312959.
John W. Creswell. Research Design:Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Lahagu, Ardianto, and Fransiskus Irwan Widjaja. “Strategi Efektif Internalisasi Nilai Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Spiritualitas Remaja Kristen.” Manna Rafflesia 11, no. 1 (October 28, 2024): 92–102. https://doi.org/10.38091/man_raf.v11i1.449.
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Nugraheni Rachmawati. “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (March 28, 2022): 3639–48. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Ridzal, Achmad Choirur, and Dhevin MQ Agus Puspita W. “Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MA Nurus Sholah Yosowilangun.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 4 (November 14, 2024): 1652–62. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.726.
Santosa, Tomi Apra, Abdul Razak, Lufri Lufri, Zulyusri Zulyusri, Elmayana Fradila, and Fitri Arsih. “Meta-Analisis: Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Ekologi.” Journal of Digital Learning and Education 1, no. 01 (April 26, 2021): 1–9. https://doi.org/10.52562/jdle.v1i01.24.
Umboh, Satria Evans, and Hapyvania Tenda. “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Online Pada Masa Covid-19 Terhadap Motivasi Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (April 26, 2022): 166–75. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.707.
Widjaja, Y. 2020. Narasi Alkitab untuk Generasi Milenial. Malang: Reformed Press.
Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Flick, U. 2018. An Introduction to Qualitative Research. SAGE Publications.
Merriam, S. B. 2009. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.
Patton, M. Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.
Copyright (c) 2025 Grace Margareta Clara, Satria Evans Umboh, Yosias Masokoda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.