Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas VI SD Inpres Desa Otto
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres desa Otto, untuk mengeksplorasi pengaruh Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas VI. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kualitas guru, gaya belajar siswa, dan faktor psikologis. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kuantitatif analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Ceramah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, meskipun faktor lain juga berperan. Kurangnya prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen disebabkan oleh kurangnya kreativitas guru, motivasi belajar siswa, dan interaksi dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam pengajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Otto, menegaskan bahwa Metode Ceramah memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VI.
References
Baskoro, Paulus Kunto, and Hardi Budiyana. “Membangun Pola Pengajaran Melalui Mezbah Keluarga Sebagai Gaya Hidup Keluarga Kristen Masa Kini.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 2 (2020): 103–14.
Binsen S. Sidjabat. “Tampilan Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani.” Jurnal Indonesian Journal of Teologi Volume 7, (July 2019): 7–24.
Edy, Naomi. “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Pengajaran Tuntas Pada Siswa Kelas Iii Sdi Bertingkat Oebobo2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 1, no. 1 (December 6, 2016): 9. https://doi.org/10.58258/jupe.v1i1.48.
Eman Nataliano Busa. “Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2, no. 2 (2023): 114–22. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764.
Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar. , Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (December 30, 2019): 151–65. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94.
Joel Hutasoit. “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas X SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019.” HKBP Nomensen, 2019.
Laoli, Firman Jaya, and Dyulius Thomas Bilo. “Strategi Calvin Dalam Perkembangan Pendidikan Agama Kristen Era Reformasi Dan Relevansinya Pada Masa Kini” 1, no. 4 (2023): 382–94.
Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5995–6002. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2964.
Sadin, Sadin. “Penggunaan Media Audio-Visual Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (2019): 56. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.34508.
Sadukh, SolyMolita. “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Siswa Kelas Vi Sd Inpres Oepura 3 Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Metode Demonstrasi.” In Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 1–14, 2018.
Sugiyanto. “Pengaruh Gaya Belajar Experiential Learning Dalam Peningkatan Prestasi Akademik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling VIII, no. 15 (2013): 43–64.
Widiyanto, Mikha Agus. “Pengaruh Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Ibadah Online Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Pemuda.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 1 (2022): 21. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.517.
Copyright (c) 2025 Sifrianto Kobi, Mariyanti Adu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.