Efektivitas Lingkungan Pembelajaran Berbasis Psikologi Pendidikan Kristen di STIKES PGI Cikini

  • Ariwandira Pratama Siagian Gereja Protestan Soteria di Indonesia, Jakarta
Keywords: Lingkungan Pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Agama Kristen, Mahasiswa Keperawatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran psikologi pendidikan agama Kristen dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif di STIKES PGI Cikini, khususnya pada mahasiswa semester 1 Program Studi Keperawatan. Pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif digunakan untuk memahami secara mendalam bagaimana nilai-nilai agama Kristen diintegrasikan dalam proses pembelajaran dan dampaknya terhadap perkembangan psikologis mahasiswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, observasi langsung, serta analisis dokumen akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Kristiani, seperti kasih, pengertian, dan pengampunan, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kesejahteraan emosional dan motivasi belajar mahasiswa. Selain itu, pendekatan berbasis nilai-nilai Kristen memperkuat hubungan sosial antara mahasiswa dan dosen, meningkatkan ketahanan mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik, dan membentuk karakter mereka sesuai dengan ajaran Kristus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi psikologi pendidikan agama Kristen tidak hanya berkontribusi pada keberhasilan akademik mahasiswa, tetapi juga pada pembentukan pribadi yang holistik, menjadikan mereka tenaga kesehatan yang profesional, berintegritas, dan berkesadaran spiritual tinggi.

References

Ajhuri, Khayyis. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2019.
Budiana, Putri Kumala Dewi & Nia. Pengoptimalan, Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar Dan Strategi. Malang: Universitas Brawijaya, 2018.
Butar-butar, Cristy G, Santa Maria Pangaribuan, and Yenny Yenny. “Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Hipertensi Pada Pasien Hemodialisis Di RS PGI CIKINI.” JURNAL KEPERAWATAN CIKINI 3, no. 1 (January 31, 2022). https://doi.org/10.55644/jkc.v3i1.69.
Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.
Edy, Naomi. “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Model Pengajaran Tuntas Pada Siswa Kelas Iii Sdi Bertingkat Oebobo2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 1, no. 1 (December 6, 2016): 9. https://doi.org/10.58258/jupe.v1i1.48.
Eman Nataliano Busa. “Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2, no. 2 (2023): 114–22. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 33.
Hanum, Latifah. Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press Darrusalam, 2017.
Hanum, Rahmah Johar & Latifah. Strategi Belajar Mengajar. Edited by Haris Ari Susanto. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Harjali. Penataan Lingkungan Belajar: Strategi Untuk Guru Dan Sekolah. Edited by Soetam Rizky Wicaksono. Malang: Seribu Bintang, 2019.
Herlina, Lina, and Suwatno Suwatno. “Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (July 1, 2018): 106. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.
Justice Zeni Zari Panggabean. “Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire.” Harati: Jurnal PendidikanKristen 2, no. 2 (October 2022): 127–45.
Kuanine, Melyarmes H., and Samadaya Harefa. “Urgensitas Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Efektivitas Belajar Siswa.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (June 27, 2022): 143–60. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.77.
Laksamana, Frederiko Laksamana; Olivia, Olivia. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pada Motivasi Murid-Murid Kursus TTZW Surabaya Belajar Bahasa Mandarin.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture 12, no. 1 (2024): 12–26. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/century.12.1.13-26.
Nurlina, Fitri, Nanan Sekarwana, and Irman Somantri. “Sistem Pengembangan Jenjang Karir Perawat Di Rumah Sakit.” Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika) 4, no. 1 (March 30, 2018). https://doi.org/10.58550/jka.v4i1.25.
Rahmat, Pupu Saeful. Strategi Belajar Mengajar. Edited by Nur Azizah. Surabaya: SCOPINDO, 2019.
Rantung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 63–76. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1579.
———. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Industri 4.0.” SHANAN Vol. 4, no. Vol. 4 No. 1 (2020): Maret (2020): 93.
Rina Rachmawati, dkk. CALL FOR BOOK TEMA 2 (Strategi Pembelajaran). Edited by Safira Diah F. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.
Sakerebau, Junier. “Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (June 30, 2018): 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22.
Santosa, Donald Samuel Slamet, Donna Sampaleng, and Abdon Amtiran. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (February 17, 2020): 11–24. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.34.
Sianipar, Desi. “Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan.” Jurnal Shanan 1, no. 1 (2017): 136–57. https://doi.org/10.33541/shanan.v1i1.1481.
Suardana, I Made. “Mengurai Landasan Konseptual PAK Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Kurios 6, no. 2 (November 2, 2020): 346. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.150.
Yasin, Ilyas. “Guru Profesional, Mutu Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3, no. 1 (February 22, 2022): 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118.
Zahroh, Lailatu. “Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas.” Jurnal Keislaman 1, no. 2 (October 27, 2021): 186–201. https://doi.org/10.54298/jk.v1i2.3364.
CROSSMARK
Published
2025-01-15
DIMENSIONS
How to Cite
Siagian, Ariwandira Pratama. 2025. “Efektivitas Lingkungan Pembelajaran Berbasis Psikologi Pendidikan Kristen Di STIKES PGI Cikini”. Edukris: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1 (01), 35-54. https://doi.org/10.54793/ek.v1i01.179.
Section
Articles