Manusia Baru Bagi Remaja Kristen berdasarkan Kolose 3:5-17 dan Implikasinya Bagi Pendidik Kristen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman remaja Kristen tentang konsep manusia baru menurut Kolose 3:5-17 dan implikasinya bagi pendidik Kristen dalam pembinaan remaja. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pendidik, pendeta, dan remaja Kristen dari gereja dan sekolah Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun remaja memahami konsep manusia baru secara teologis, penerapan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari sering terhambat oleh pengaruh budaya modern dan tekanan sosial. Pendidik Kristen memiliki peran kunci dalam membantu remaja mengatasi tantangan ini dengan memberikan contoh hidup yang konsisten dengan ajaran Kristus, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan karakter spiritual. Implikasi bagi pendidik Kristen meliputi pentingnya pemahaman mendalam tentang konsep manusia baru, menjadi teladan dalam hidup sehari-hari, serta mengintegrasikan nilai-nilai Alkitab dalam pembelajaran holistik yang mencakup aspek intelektual, emosional, dan sosial. Penelitian ini menyarankan agar pendidik Kristen mengembangkan pendekatan pembinaan yang lebih aplikatif dan terintegrasi, melibatkan keluarga dan gereja dalam mendukung remaja menjadi manusia baru yang sejati.
References
A Dan Kia. “Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru Pak Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (October 2019): 77–94. https://doi.org/10.33541/SHANAN.V3I2.1580.
“Alkitab Sabda Kolose 3,” n.d.
Andrian, T. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini.” Inculco Journal of Christian Education, 2024.
Anwar Three Millenium Waruwu, and Ampinia Rahap Wanyi Rohy. “Spiritualitas Seorang Gembala Melalui Bentuk Komunikasi Terhadap Jemaat: Sebuah Analisis Kolose 3:5-17.” Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral 4, no. 1 (June 29, 2023): 112–25. https://doi.org/10.46408/vxd.v4i1.239.
Darius, Darius, and Robi Panggarra. “Konsep Manusia Baru Berdasarkan Perspektif Paulus Dalam Efesus 4: 17-32 Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Orang Percaya.” Jurnal Jaffray 11, no. 2 (2013): 29–58.
Dwici, Novida, Yuanri Manik, and Yusak Tanasyah. “Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Moral Peserta Didik.” Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (December 2020): 50–62. https://doi.org/10.55076/DIDACHE.V2I1.41.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 33.
Fabeat, Yois, and Monike Hukubun. “Teologi Satu Tubuh Dari Perspektif Pluralisme: Kajian Historis Kritis Kolose 3: 11 – 17 Dan Implikasinya.” ARUMBAE: Jurnal Ilmiah Teologi Dan Studi Agama 4, no. 1 (July 28, 2022): 59–80. https://doi.org/10.37429/arumbae.v4i1.796.
Hagelberg, Dave. Tafsiran Surat Kolose. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Kusnandi, Kusnandi. “Mengartikulasikan Perencanaan Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Wahana Pendidikan 6, no. 1 (May 14, 2019): 1. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023.
Monei, Yunus, Roberth Ruland Marini, and Pestaria Happy Kristiana. “Transformasi Spiritualitas Diskursus Teologi Tentang Konsep Manusia Baru Dalam Kolose 3:5-17.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 7, no. 1 (June 30, 2024): 104–17. https://doi.org/10.47457/phr.v7i1.475.
Ndruru, Rahmat, and Milton T. Pardosi. “Pengaruh Formula Pendidikan Keluarga Kristen Dalam Menghadapi Dampak Negatif Globalisasi.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 1 (April 2, 2024): 54–67. https://doi.org/10.54170/harati.v4i1.185.
Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 1 (June 1, 2014): 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.
Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5995–6002. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2964.
Panggabean, Justice Zeni Zari. “Virtue Dalam Pendidikan Karakter Kristiani.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (April 14, 2022): 691–707. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.671.
Situmorang, Johar T.H. Surat Kolose Eksposisi Surat Kolose & Aplikasinya. Yogyakarta: ANDI, 2022.
Soleh, Muhammad Soleh. “ Youth, Religion, And Pop Culture: Modernitas Dalam Gaya Hidup Hedonisme Remaja Dan Budaya Populer Versus Eksistensi Agama Jaman Now.” SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 02 (June 30, 2023): 35–44. https://doi.org/10.59966/semar.v1i02.303.
Tronika Matang, Fida, and Heppy Wenny Komaling. “Implementasi Prinsip Pemuridan Rasul Paulus Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (July 2022): 62–75.
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Kesadaran Spiritual Bagi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 2 (December 12, 2023): 144–55. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i2.166.
Wenas, Maria Lidya, Elsi Susanti Br Simamora, Maharin Maharin, Joni Apri Candra, and Rifka Priskila. “Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.3.
Yoel Betakore. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas Dalam Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (September 2021): 3975–83. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I6.1329.
Copyright (c) 2025 Agnes Monica Halawa, Remegises Danial Yohanis Pandie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.