DARI LAYAR KE ALTAR
PENDAMPINGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA GENERASI Z
Abstract
Generasi Z erat kaitannya dengan teknologi karena tumbuh di era digital. Pola interaksi Generasi Z berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Z banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi di dunia digital dengan menatap layar gadget. Karakteristik ini memberikan manfaat dan hambatan bagi gereja dan pendidik agama Kristen di era digital untuk melakukan pendampingan terhadap Generasi Z. Dalam penyusunan Artikel ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi guna mendalami pengalaman digital Generasi Z serta merumuskan strategi pendampingan yang optimal.Tujuan penelitian ini agar pendidikan agama Kristen tetap bisa dilakukan dengan manfaatkan peluang yang ada di era digital. Solusi terbaiknya adalah melakukan pelayanan melalui layar gadget, menciptakan pengalaman ibadah yang setara dengan pertemuan tatap muka layaknya di altar. Dengan memanfaatkan berbagai konten di platform media sosial, pendampingan pendidikan agama Kristen dapat dilakukan secara efektif untuk menjangkau Generasi Z. Dengan demikian, tujuan utama pendidikan agama Kristen yaitu mengalami perjumpaan dengan Kristus dapat tercapai. Perjumpaan dengan Kristus membentuk Generasi Z beriman teguh di era digital yang penuh tantangan. Maka dari layar ke altar, teknologi digital dapat menjadi jembatan perjumpaan rohani bagi Generasi Z.
References
Apriyanti, Hana, Ira Safaat Aeni, Reva Sila Kinaya, Nasywa Hasna Nabilla, April Laksana, and Lika Mulki Latief. “Keterlibatan Penggunaan Media Sosial Pada Interaksi Sosial Di Kalangan Gen Z.” Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik 1, no. 4 (2024): 229–37. https://doi.org/10.62383/sosial.v1i4.929.
Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan 10, no. Desember (2020): 107–19. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17.
Dalensang, Remelia, and Melky Molle. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37368/ja.v5i2.189.
Dr. Muhammad Farid, M S. Fenomenologi: Dalam Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana, 2018.
Education, Christian, I N Equipping, T H E Digital, Generation To, Toxic Behavior, and O N Social. “CHRISTIAN EDUCATION IN EQUIPPING THE DIGITAL GENERATION TO ADDRESS TOXIC BEHAVIOR ON SOCIAL MEDIA,” 2025, 39–57.
Febrianty, and Muhammad. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PRO GEN Z. Bandar Lampung: UPPM universitas malahayati, 2023.
Gulo, Rezeki Putra. “Peran Generasi Z Dalam Mengekspansi Misiologi Di Era Society 5.0.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2023): 132–37. https://doi.org/10.56854/pak.v2i1.210.
Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. PBMR ANDI, 2021.
Karina, M, N S Bila, R Primantari, J D Tara, A F Rahmawati, N W Murti, M A Qintara, et al. Gen Z Insights: Perspective on Education. Unisri Press, 2021.
Kodongan, Eva Monica Teresa, and Remegises Danial Yohanis Pandie. “Technological Developments in the Perspective of Christianity.” International Journal of Religion Education and Law 1, no. 1 (2022): 38–45. https://doi.org/10.57235/ijrael.v1i1.61.
Kristanto, Samuel Hans, Selviawati Selviawati, and Tju Lie Lie. “Pendidikan Karakter Kristen Di Sekolah Dalam Membangun Etika Kebebasan Berpendapat Generasi Z Bermedia Sosial.” Davar: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2024): 81–93. https://doi.org/10.55807/davar.v5i2.184.
Kurnia, Catherine Christianny, Samuel Herman, and Jantje. “Strategi Efektif Gereja Dalam Pemanfaatan Teknologi Modern Untuk Mewartakan Injil Di Masyarakat 4.0.” SCRIPTA: Jurnal Teologi & Pelayanan Kontekstual 16, no. 2 (2023): 143–61. https://doi.org/https://doi.org/10.47154/sjtpk.v16i2.238.
Manurung, Kosma. “Efektivitas Misi Penginjilan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 225–33. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.242.
———. “Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi.” FILADELFIA Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 285–300. https://doi.org/https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48.
Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 17–29. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.46.
Nainggolan, Alon Mandimpu, and Asmat Purba. “Ibadah Online Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Sebuah Tinjauan Dari Perspektif Kristen ) Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19 ,” 5, no. 2 (2021): 120–40.
Nani, Naomi, Hikman Sirait, and Esti Rahayu. “Strategi Gereja Dalam Membangun Pelayanan Kontekstual Bagi Generasi Z Di Era Digital.” The Way: Jurnal Teologi Dan Kependidikan 11, no. 1 (2025): 74–89. https://doi.org/10.54793/teologi-dan-kependidikan.v11i1.197.
Napitupulu, Friska, and Talizaro Tafonao. “Membangun Karakter Iman Pemuda: Peran Strategis Gereja Dalam Mengembangkan Karakter Pemuda” 1, no. 1 (2024): 22–31.
Nuniek Dewi Pramanik, Drajat Sulistiyono, Wilma Zuarko Adji, and Yesus Armiro Korbaffo. “Pemanfaatan Webinar Gratis Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha.” Padma 1, no. 2 (2021): 108–22. https://doi.org/10.56689/padma.v1i2.408.
Padakari, Seprianus L., and Frengki Korwa. “Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen Dalam Menjawab Tantangan Generasi Z.” Imitatio Christo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2025): 16–29. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.3.
Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5995–6002. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2964.
Pute, Jimmi Pindan, Alferdi, and Deflit Dujerslaim Lilo. “Revitalisasi Moderasi Beragama Melalui Pemanfaatan Literasi Digital Oleh Gen-Z.” Masokan: Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3, no. 1 (2023): 44–59. https://doi.org/10.34307/misp.v3i1.108.
setiawan Aritonang, Nineson, and Kosma Manurung. “Kepemimpinan Pemuda Kristen Di Era Digital: Pelayanan Dalam Transformasi Teknologi Untuk Membangun Komunitas Iman Yang Relevan.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 6, no. 2 (2024): 293–304. https://doi.org/10.59177/veritas.v6i2.298.
Setyaningsih, Rila, Abdullah Abdullah, Edy Prihantoro, and Hustinawaty Hustinawaty. “Penanaman Etika Komunikasi Digital Di Pesantren Melalui Pemanfaatan E-Learning.” Jurnal Kajian Komunikasi 8, no. 1 (2020): 128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538.
Simon, Simon, and Semuel Ruddy Angkouw. “Perintisan Gereja Sebagai Bagian Dari Implementasi Amanat Agung.” Manna Rafflesia 7, no. 2 (2021): 210–34. https://doi.org/10.38091/man_raf.v7i2.142.
Sipahutar, Friska Mawarni, and Dorlan Naibaho. “Tantangan Dan Peluang Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Non Formal 1, no. 2 (2023): 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.193.
Sirait, Hikman, and Suleman Lim. The Great Commission: Misi Penyelamatan Manusia Di Zaman Akhir. Jakarta: Hegel Pustaka, 2024.
Tanduklangi, Rinaldus. “Bimbingan Rohani Bagi Pemuda Melalui Gerakan Cinta Alkitab.” Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (2022): 248–53. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i3.2066.
Tarigan, Deni Cardok, Rajagukguk, Kristina, Delvi Luvita, Hutasoit, Ruyandi, Lsa, and Srilastry Lumbanraja Tiurma Berasa. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Dewasa Dalam Era Digital Tantangan Dan Peluang” 4, no. 1 (2025): 215–19.
Walean, Rudy Robertho, Dida Hae Kati, Rivaldo Matheis Nendissa, and Wimprit Prayogi. “Pembekalan Pendeta Dan Aktivis Gereja Dalam Penggunaan Aplikasi Sabda Dan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkhotbah Dan Mempelajari Alkitab Di GSJA Kanaan Bandar Jaya Lampung Tengah” 2, no. 1 (2024): 30–36. https://doi.org/10.62282/devotion.v2i1.30-36.
Wita, Gusmira, and Fansuri Mursal. “FENOMENOLOGI DALAM KAJIAN SOSIAL SEBUAH STUDI TENTANG KONSTRUKSI MAKNA Phenomenology in Social Study a Study of Meaning Construction” 06, no. 2 (2022).
Copyright (c) 2025 Harnum Easteria, Verry Willyam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.